Thursday, March 21, 2019

Puluhan Ribu Surat Suara di Kabupaten Seram Bagian Barat Rusak

Ratusan warga Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku melipat dan menyortir surat suara pemilu Tahun 2019 di Piru, Kamis (21/3/2019)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seram Bagian BArat, Maluku menemukan adanya kerusakan surat suara untuk pemilu 2019 dalam jumlah yang sangat besar di wilayah tersebut.

Kerusakan surat suara di Kabupaten Seram bagian Barat itu baru diketahui setelah dilakukan proses pelipatan dan sortir surat suara.

Ketua Divisi Data dan Logistik KPU Seram Bagian BArat, Syarif Hehanussa mengatakan, semua jenis surat suara yang diterima pihaknya mengalami kerusakan. Namun, yang paling banyak adalah jenis surat suara untuk DPRD Provinsi.

Dia menjelaskan, selain surat suara untuk DPRD Provinsi, surat suara untuk DPR RI, DPRD Kabupaten, DPD dan surat suara untuk pilpres juga mengalami kerusakan.

Meski begitu, sampa isaat ini pihaknya masih harus memastikan beberapa jumlah surat suara yang rusak.

Syarif mengatakan, jumlah total surat suara yang ditermia KPU Seram Bagian Barat sebesar 815.840 lembar atau masing-masing 163.168 surat suara untuk DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD, dan untuk pilpres.

Dia mengungkapkan kerusakan puluhan ribu surat suara itu karena surat suaranya terkena goresan tinta dan sebagian lagi sobek.

Untuk mengantisipasi masalah tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengna KPU RI Melalui KPU Provinsi Maluku untuk sekanjutnya ditindaklanjuti.


No comments:

Post a Comment