Tuesday, March 19, 2019

Rusia Kirim Jet Pembom Tu-22M3 dan Sistem Rudal Iskander ke Crimea

Pesawat pembom Rusia, Tupolev Tu-22M3.

Rusia telah mengerahkan pesawat pembom strategis dan sistem rudalnya ke Crimea sebaga itanggapan terhadap risiko ancaman yang datang dar iawal wilayah Eropa.

Rusia telah mengerahkan satu skuadron pembom jarak jauh Tupolev Tu-22M3 dan sistem rudal Iskander miliknya ke Crimea sebagai bentuk tanggapan atas penempatan sistem peluncur rudal pertahanan MK-41 oleh AS di Rumania.

Bondarev, yang pernah menjadi komandan Angkatan Udara Rusia pada 2012-2015, menambahkan, pesawat pembom Tu-22M3 yang ditempatkan di Crimea bakal diperbarui dan dilengkapi persenjataan baru dalam beberapa tahun mendatang.

AS telah mulai mengerahkan elemen anti-rudal Rumania pada 2016 dan memulai pembangunan situs lain di Polandia pada tahun yang sama, dengan Washington mengklaim langkah tersebut diperlukan untuk melawan rudal balistik yang dikembangkan Iran dan Korea Utara.

Tetapi Rusia telah mengecam langkah itu sebagai ancaman besar bagi keamanan nasional, dengan Moskwa bersikeras, sistem peluncur misil MK-41 di Rumania akan dapat digunakan untuk menembakkan rudal jelajah Tomahawk jarak menengah, yang dilarang di bawah Perjanjian Nuklir Jarak Menengah (INF).

Pada Februari lalu, AS telah resmi mengumumkan keluar dari kesepakatan INF dan memulai jangka wakt uenam bulan sebelum sepenuhnya mundur dari kesepakatan.

Rusia setelahnya tidak memiliki pilihan selain juga menangguhkan partisipasinya dari perjanjian bilateral era Perang Dingin itu.


No comments:

Post a Comment